VISA: Proses Apply VISA Schengen

NEWS!
Mengurus VISA Schengen sekarang sudah tidak ke kedutaan besar masing-masing negara lagi. Namun ada agen yang mewakili sebagai pihak yang berwenang dalam hal pengajuan VISA, yaitu VFS Global. Lalu bagaimana prosesnya?

1) Mengetahui Jenis Visa – VISA TOURISM
Pastikan anda tahu VISA jenis apa yang akan anda butuhkan. Kali ini saya hanya akan membahas VISA tourism untuk ke negara-negara Schengen area.  Khususnya untuk pengajuan VISA Schengen via Denmark untuk pergi ke Iceland.

2) Mengetahui di kedutaan besar negara apa kita harus apply visa – DENMARK
Jika dalam 14 hari perjalanan saya paling banyak akan tinggal di suatu negara tertentu, maka di negara itulah saya harus apply visa. Misalnya dalam 14 hari wisata, 7 hari diantaranya saya akan tinggal di Iceland, maka saya HARUS apply visa melalui kedutaan besar Denmark untuk ke Iceland. Kalau saya akan tinggal paling lama di Perancis, maka saya harus apply visa melalui kedutaan besar Perancis. Please note: bukan apply visa berdasarkan negara pertama yang dituju.

3) Membawa persyaratan untuk apply VISA
Jika belum tahu syarat-syarat apa yang diperlukan untuk mengajukan visa, maka kamu bisa baca syarat-syararnya disini : SYARAT APPLY VISA SCHENGEN

Untuk Denmark tidak perlu melakukan appointment untuk datang ke VFS Global Jakarta. Langsung saja bawa seluruh persyaratan ke kantor VFS Global di Jakarta. Mengambil nomor antrian dan datang langsung ke stand Denmark (waktu itu saya stand no 6 atau 7). Kamu bisa langsung datang ke alamat berikut:

Alamat : 
Kuningan City Mall Lantai 1
Jalan Prof DR Satrio Kav 18
Jakarta 12950

Jadwal Aplikasi:
08.00 – 12.00 dan 13.00 – 15.00 WIB
(Senin-Jumat) Kecuali Hari Raya/Libur

Jadwal Pengambilan Paspor:
08.00 – 12.00 dan 13.00 – 16.00

(Senin-Jumat) Kecuali Hari Raya/Libur

Untuk mempermudah proses, urutkan seluruh syarat-syarat visa sesuai urutan dokumen yang dibutuhkan. Selama mengumpulkan dokumen-dokumen tersebut petugas akan bertanya beberapa hal yang perlu dijelaskan. Seperti berapa lama, dengan siapa, tinggal dimana, dan sebagainya.

Prosesnya sangat mudah. Apalagi petugasnya ramah dan baik. Kalau kebetulan kamu dapat yang judes, selamat ya! hehe… Saran saya adalah berusahalah untuk tetap tenang dan ramah kepada mereka. Mereka juga manusia kok 🙂 Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sangat mudah.

Oiya, stand Denmark adalah salah satu stand paling sepi pendaftar waktu itu. Sebelahnya adalah stand Belanda. Ramainya bukan main!

8) Pembayaran 
Setelah seluruh dokumen dinyatakan lengkap, lakukan pembayaran. Biaya pembuatan visa adalah 900,000 untuk orang dewasa. Selain itu ada logistic fee sekitar 260,000. Jika kamu tidak ingin mengambil passport dan visa kamu di Jakarta, kamu bisa meminta mengirimkannya ke alamat kamu. Waktu itu saya membayar 65,000 untuk dikirim ke Jogja. Sehingga total biaya waktu itu adalah 1,225,000. Namun untuk jaga-jaga silakan bawa uang lebih, just in case foro kamu tidak betul, maka kamu diwajibkan melakukan pengambilan foto ulang di stand yang sudah disediakan dengan biaya sekitar 50,000.

9) Pengambilan data biometrik
Setelah proses pembayaran selesai, selanjutnya adalah pengambilan data biometrik. Yaitu pengambilan data seperti sidik jari dan foto untuk visa. Proses ini sangat cepat dan mudah.

10) Proses selesai

11) Berdoa semoga visa kamu approved
Saya merasa kelancaran proses pengajuan visa saya tidak terlepas dari untaian doa-doa yang dipanjatkan. So, jangan lupa berdoa semoga visa kamu approved juga ya, 🙂
Yang baca informasi ini saya doakan semoga soon bisa dapatin visa kamu!

12) Lama proses pembuatan VISA
Apabila dokumen syarat-syarat pembuatan visa lengkap, maka lama pembuatannya tidak lebih dari 15 hari kalender. Pada kondisi tertentu memungkinkan mencapai 30-60 hari. TIPS: kalau dalam 15 hari belum ada kabar, maka kamu bisa langsung telepon VFS Global ( +62 21 3041 8703 ) untuk memastikan visa kamu. Beberapa case yang saya alami dan beberapa teman yang saya tahu, setelah ditelepon, sehari setelahnya visa sudah siap dikirim. 🙂 Baik yaaa…

Selamat mencoba. Semoga informasi tersebut bermanfaat ya.
Silakan share pengalman kamu di komen berikut apabila info diatas bermanfaat.
Good luck! 🙂

Cheers
Anita,
Yang mau ketemu petugas vfs lagi dan lagi.

P.S. Apply visa itu  mudah!

FAQ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *